— Posted in Uncategorized

3 Idiom Bahasa Inggris yang Wajib Kamu Tahu

Ketika membaca buku, mendengarkan lagu, atau menonton film bahasa Inggris, mungkin kamu pernah menemukan serangkaian kata dalam kalimat yang jika diartikan, maknanya sangat aneh. Serangkaian kata itu adalah idiom. Dalam bahasa Inggris, ada beberapa idiom yang perlu kamu ketahui agar kamu tidak bingung ketika mendengarnya dan berikut contohnya,

Hit the Sack

“Hit the sack” arti harfiahnya adalah secara fisik memukul atau memukuli karung (tas besar yang biasanya digunakan untuk membawa barang-barang dalam jumlah besar seperti tepung, beras atau bahkan tanah). Tetapi sebenarnya idiom ini digunakan untuk pergi tidur berarti pergi tidur, dan kamu akan menggunakan ini untuk memberi tahu teman atau keluarga kamu bahwa kamu benar-benar lelah, sehingga kamu akan tidur. Contoh: I want to hit the sack as soon as I home (saya ingin tidur sesampainya di rumah)

 

Go Cold Turkey

Terdengar aneh? Ya, kamu benar. Bagaimana orang bisa benar-benar menjadi kalkun dingin? Seseorang tidak bisa berubah menjadi burung yang kita semua suka makan untuk perayaan seperti Natal dan Thanksgiving.

Asal usul idiom bahasa Inggris ini aneh dan “go cold turkey” artinya tiba-tiba berhenti atau menghentikan perilaku adiktif/berbahaya seperti merokok dan minum alkohol.

Ungkapan bahasa Inggris ini konon berasal pada awal abad ke-20 dan menyarankan bahwa seseorang yang tiba-tiba berhenti melakukan sesuatu yang membuat kecanduan dan menderita efek samping yang membuatnya terlihat dan terasa seperti kalkun yang dingin dan tidak dimasak. Ini termasuk kulit pucat (sangat putih) dan merinding (tonjolan kecil pada kulit saat kita kedinginan atau sakit).

 

Face the Music

Secara harafiah, “face the music” berarti membalikkan tubuh kamu ke arah musik dan berdiri di depannya. Tetapi jika teman atau orangtua kamu menyuruh kamu “menghadap musik”, ada makna yang jauh lebih keras.

 

Itu berarti “menghadapi kenyataan” atau berurusan dengan realitas situasi dan menerima semua konsekuensinya, baik atau buruk (tetapi kebanyakan buruk). Mungkin kamu telah menghindari sesuatu karena kamu merasa tidak yakin atau takut dengan hasilnya. Mungkin kamu berbohong kepada guru kamu lalu dia menemukan kebenaran dan sekarang kamu harus “face the music” (menghadapi musik) dan menerima hukuman.

Baca Juga: Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris