— Posted in Uncategorized

Dari Tiga Jenis Tes TOEFL Berikut, Kamu Pilih yang Mana?

Tes TOEFL kini sudah menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan pekerjaan atau memasuki perguruan tinggi. Tak hanya untuk kamu yang ingin bekerja atau melanjutkan pendidikan ke luar negeri, institusi atau korporasi dalam negeri pun sudah menyematkan skor TOEFL tertentu sebagai syarat untuk melamar. Nah, bagi kamu yang belum tahu, terdapat tiga jenis tes TOEFL dan berikut jenis-jenisnya:

Tes TOEFL berbasis kertas

Sampai tahun 1998, semua orang harus mengikuti tes TOEFL berbasis kertas. Tes TOEFL jenis ini memiliki tiga bagian: menyimak, membaca, dan tata bahasa Inggris. Jawaban harus ditandai dengan pensil dan skor maksimum yang bisa kamu dapatkan di tes TOEFL berbasis kertas adalah 677.

 

Tes TOEFL berbasis komputer

Tes TOEFL berbasis komputer diperkenalkan pertama kali pada tahun 1998 dengan poin maksimum yang dapat diraih adalah 300. Tes TOEFL berbasis komputer memiliki empat bagian: menyimak, tata bahasa, membaca, dan menulis.

Pemahaman mendengarkan atau menyimak dan tata bahasa adalah adaptif. Itu berarti jenis pertanyaan yang kamu dapatkan tergantung pada tingkat bahasa Inggrismu. Hanya yang perlu diingat bahwa pertanyaan yang mudah dijawab membawa sedikit poin. Jadi, semakin sulit pertanyaan untuk dijawab, maka semakin tinggi poin bisa kamu peroleh.

Untuk mengetahui skor TOEFL berbasis komputer, biasanya tersedia dalam 14 hari setelah tes dilaksanakan.

 

Tes TOEFL berbasis internet

TOEFL berbasis internet (iBT) diperkenalkan pertama kali pada tahun 2005. Tes ini memiliki empat bagian: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Perlu diperhatikan bahwa tes berbicara tidak termasuk dalam TOEFL berbasis kertas dan komputer.

Itu dia ketiga tipe tes TOEFL. Jika kamu merasa belum yakin di salah satu atau keseluruhan bagian tes, sangat disarankan untuk melakukan persiapan tes TOEFL sebelum hari-H agar kamu dapat memperoleh nilai yang terbaik. Selain persiapan tes TOEFL, mengikuti tes simulasi TOEFL online juga perlu untuk mengetahui sejauh mana kesiapanmu sebelum maju ke tes yang sebenarnya.

Ada tugas-tugas terintegrasi di TOEFL iBT. Itu berarti beberapa pertanyaan mengharuskan Anda untuk menggabungkan lebih dari satu keterampilan. Misalnya, kadang-kadang Anda harus membaca pertanyaan dan kemudian berbicara sebagai tanggapan.

Seperti yang mungkin Anda perhatikan, TOEFL iBT tidak memiliki bagian tentang tata bahasa.

Baca Juga:


Go on, Add your Voice!

Your email address will not be published. Required fields are marked *