— Posted in Uncategorized

Lebih Sukses dengan 5 Tips Menulis Motivation Letter

Sekolah di luar negeri merupakan impian banyak orang. Untuk Mendaftar, kamu diharuskan untuk membuat motivation letter sebagai persyaratan. Surat motivasi atau motivation letter juga dikenal sebagai pernyataan pribadi atau surat pengantar. Motivation letter adalah tulisan singkat tentang kamu dan meliputi masa lalu, ambisi, kepribadian, dan minatmu.

Terlepas dari kesulitan untuk menulis motivation letter yang baik, kamu memang dituntut untuk bisa membuatnya, baik untuk kepentingan akademis maupun karier. Nah, berikut ini adalah tips menulis motivation letter yang baik:

  1. Fungsi utama dari surat motivasi adalah untuk meyakinkan tim penerimaan di universitas pilihan kamu untuk menawarkan tempat atau mengundang kamu untuk wawancara. Pastikan bahwa surat itu disusun sedemikian rupa sehingga melayani tujuan ini.
  2. Standar untuk semua surat pengantar, termasuk untuk pencari kerja, adalah kamu harus mengarahkan surat kamu ke orang tertentu. Untuk program magister kamu, bisa untuk Kepala Departemen atau anggota staf akademik yang bertanggung jawab untuk program studi magister kamu. Gunakan situs web universitas untuk mencari tahu siapa orang yang tepat beserta nama dan gelar mereka serta alamat yang dituju.
  3. Jangan terlalu banyak menggombal. “Saya seorang pemimpin yang baik” terdengar jauh lebih lemah daripada “Saya memimpin sekelompok teman-teman saya dalam ekspedisi pendakian selama seminggu, di mana kami berhasil …”. Hindari pernyataan yang terlalu ambigu, karena ini dapat mengurangi kepercayaan diri yang mungkin dimiliki tim penerimaan siswa terhadap motivasi kamu.
  4. Lembaga akademis sering banyak bicara tentang nilai-nilai, prioritas, dan visi mereka. Apa moto lembaga target kamu? Apakah mereka memprioritaskan olahraga, seni, atau yang lain? Apakah mereka memiliki pernyataan nilai? Bagaimana kamu mencerminkan hal-hal ini? Pertanyaan paling penting untuk dipikirkan sehubungan dengan hal-hal ini, mengapa kamu ingin pergi ke sekolah ini? Untuk menghadapi hal ini, kamu harus melakukan penelitian kecil terkait institusi yang kamu tuju.
  5. Salah satu masalah terbesar pada aplikasi adalah bahwa kandidat tidak cukup menjelaskan mengapa mereka ingin mempelajari jurusan yang mereka inginkan. Ingat, kamu harus menjelaskan pilihan subjek kamu dan pilihan institusi kamu. Bukan hanya “Mengapa Biologi?” Tetapi “Mengapa Biologi di universitas ini?” Jika kamu belum memiliki jawaban untuk pertanyaan ini, maka ada baiknya menelusuri situs web Universitas lagi, untuk mencari tahu apa yang menginspirasi kamu untuk mengambil yang berikutnya langkah, dan mendaftar untuk kursus yang kamu pilih.

Motivation letter memang sangat penting untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, sekolah diluar negeri, atau berkarir diluar negeri. Apalagi motivation letter dalam bahasa inggris membutuhkan usaha dan grammar yang benar.

Baca Juga: 16 Tenses dalam Bahasa Inggris


Go on, Add your Voice!

Your email address will not be published. Required fields are marked *