— Posted in Uncategorized

Nampaknya Pelindo III Tambah Kuota Mudik Gratis Hingga 30.000 Tiket

Pelindo III meningkatkan paket mudik gratis yang disediakan untuk beberapa pemudik Hari Raya Idul Fitri 1440 H Tahun 2019 ini. Sebelumnya, BUMN operator pelabuhan itu sudah mempersiapkan 17.500 ticket kapal laut serta bus gratis dalam Program Mudik Bersama 2019 yang digagas Kementerian BUMN.

“Lihat tingginya apresiasi pemudik yang telah mendaftarkan pada program mudik gratis tahun ini, karena itu Pelindo III meningkatkan paket ticket bus gratis dengan setahap sesuai dengan menambahkan keperluan yang terdata di lapangan. Jadi prediksi jumlahnya keseluruhan paket Program Mudik Bersama 2019 yang disiapkan Pelindo III bisa sampai seputar 30.000 ticket,” kata Direktur Penting Pelindo III, Doso Agung di Surabaya, Rabu (8/5).

Doso Agung menjelaskan, paket mudik gratis yang disiapkan Pelindo III selalu bertambah tiap tahunnya. Tahun 2017 memberangkatkan seputar 6.000 orang, lalu kapal pelni bertambah di tahun 2018 lalu jadi seputar 14.000. Di tahun 2019 ini disiapkan 30.000 ticket kapal laut serta bus gratis.

“Dengan bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan, Pelindo III akan bersinergi BUMN dengan PT Damri serta operator bus swasta yang lain untuk meningkatkan ticket bus gratis keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya serta dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” tuturnya.

Dari keseluruhan 30.000 ticket gratis yang akan disiapkan, terbagi dalam 2.000 ticket kapal laut yang dilayani oleh kapal-kapal Pelni serta 28.000 ticket bus untuk diantar dengan bus punya Damri dari pelabuhan ke beberapa kota arah mudik di Pulau Jawa. Jadi ada ticket gratis untuk 5 rute kapal penyeberangan dari Kalimantan ke Jawa, yaitu dari Kumai Tanjung Perak, Kumai Tanjung Emas, Sampit Tanjung Perak, Sampit Tanjung Emas, serta Batulicin Tanjung Perak.

Semua dilayani oleh kapal punya Pelni, yakni KM Kelimutu, KM Leuser, KM Binaiya, serta KM Egon. Pada semasing rute kapal laut itu ada 200-300 ticket gratis untuk sekali keberangkatan pada tanggal tersendiri yang diawali H-6 Lebaran (Hari Raya Idul Fitri).

Ia meneruskan, demikian pemudik kapal laut datang di pelabuhan, langsung bisa meneruskan naik bus gratis yang sudah disiapkan keseluruhan ticket bus gratis sekitar 28.000 dari Pelabuhan Tanjung Perak serta Pelabuhan Tanjung Emas. Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ada untuk 5 jurusan ke Cepu, Madiun, Trenggalek, Blitar, serta Jember. Sedang di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan arah ke Tegal, Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Yogyakarta, Solo, serta Purwodadi. Bus gratis di ke-2 pelabuhan yang diurus Pelindo III itu akan ada semenjak H-6 Lebaran.

Doso menyarankan supaya calon pemudik bisa selekasnya daftarkan diri lewat internet atau online ke alamat situs web resm: mudik.pelindo.co.id atau lewat aplikasi dengan mengambil (unduh) aplikasi ‘Mudik Pelindo III’ di Google Play. Sesudah tercatat dengan online, calon pemudik bisa ambil ticket kapal di terminal penumpang pelabuhan keberangkatan dengan tunjukkan kartu jati diri sah (KTP atau copy KK) jadi bukti.

Agenda keberangkatan kapal sesuai agenda kapal yang tertera di ticket Pelni. Begitupun untuk calon pemudik dengan moda bus, sesudah tercatat dengan online bisa ambil ticket bus gratis di pelabuhan kehadiran (Tanjung Perak serta Tanjung Emas) dengan tunjukkan kartu jati diri sah (KTP atau copy KK), dan Ticket Pelni untuk pemudik gratis moda kapal laut yang meneruskan perjalanan dengan bus gratis.

Pelindo III, Pelni, serta Damri, sudah bekerja bersama dengan pihak keamanan untuk pastikan semua proses Program Mudik Bersama BUMN ini gratis untuk warga, tanpa ada cost apa pun. Jika ada pelaku yang minta bayaran akan diolah ke pihak yang berwajib. Warga serta calon pemudik yang memerlukan info bisa mengontak call center: 082228448880 atau menjumpai petugas yang bersiaga di pelabuhan keberangkatan serta kehadiran.

“Mudik Gratis Bersama BUMN Pelindo III ini ialah bentuk riil dari BUMN Ada Untuk Negeri, memberi mudik yang nyaman dan aman pada warga, khususnya penumpang kapal laut, pada tiap musim mudik Lebaran. Semua peserta mudik gratis Pelindo III akan diasuransikan jadi sarana perlindungan yang lengkap. Pelindo III memberi dukungan pemerintah yang tempatkan keselamatan pemudik jadi prioritas,” pungkas Doso.

Tidak cuma itu, Pelindo III ikut memberi sarana bus gratis untuk beberapa pemudik yang ikuti program mudik sepeda motor gratis moda laut program Kementerian Perhubungan dari Pelabuhan Tanjung Emas spesial untuk Ibu serta anak yang membonceng motor memperhitungkan unsur keselamatan supaya dapat sampai selamat bergabung dengan keluarga di kampung halaman. Diluar itu, disediakan makan sahur serta takjil membuka puasa untuk beberapa penumpang kapal laut yang hadir saat itu di pelabuhan tanjung emas serta tanjung perak.


Go on, Add your Voice!

Your email address will not be published. Required fields are marked *